Jakarta – Nama Pasar Buku Kenari Mas di Kramat, Jakarta Pusat, tengah naik daun. Yuk kita lihat ada apa saja di sana.

Berawal dari salah satu unggahan pengguna Twitter, pasar buku yang berada di lantai tiga Pasar Kenari Mas mendadak jadi perhatian warganet. Walau telah ada sejak beberapa bulan lalu, tak sedikit warganet yang baru tahu.

Terlepas dari bangunan gedung yang sudah berumur, dahulu Pasar Kenari Mas yang dikelola oleh PD Pasar Jaya identik dengan instalasi listrik. Adapun area pasar buku yang berada di lantai tiga baru diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada bulan April tahun ini.

Penasaran, detikcom pun menghampiri pasar buku tersebut pada hari Senin kemarin (19/9/2019). Berikut beberapa hal menarik yang bisa traveler temui di lantai tiga Pasar Kenari Mas:

1. Pasar buku

(Randy/detikcom)(Randy/detikcom)

Sejak diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, lantai tiga Pasar Kenari Mas memang diperuntukkan untuk menampung para penjual buku dari daerah Kwitang dan Pasar Senen. Diketahui, ada sekitar 65 penjual buku di sini.

Bahkan, diusung tema besar bernama wisata buku untuk mempromosikan tempat ini. Selain bisa mencari buku bekas dan baru, harga buku di sini juga lebih murah karena adanya diskon hingga 50%!

2. Pasar kopi

 (Randy/detikcom) (Randy/detikcom)

Apabila berjalan ke salah satu sisi lantai tiga, traveler juga bisa menjumpai pasar kopi yang dipadu dengan coffee shop bernama The Bencoleen Coffee. Dijelaskan oleh marketingnya, Erwin, mereka punya kampanye kopi jujur bagi para pengunjung.

“Kami ingin mengenalkan kopi jujur, kopi yang benar-benar dari kopi. Spesialnya kopi Bengkulu, pengunjung bisa lihat langsung prosesnya,” ujar Erwin.

Untuk secangkir kopi tubruk, pihak The Bencoolen Coffee menjualnya seharga Rp 5 ribu saja. Ada juga variasi kopi lain seperti latte hingga kopi susu kekinian. Selain itu mereka juga menjual biji kopi hingga green bean untuk retail.

3. Area baca

 (Randy/detikcom) (Randy/detikcom)

Tak hanya memanjakan pecinta buku dengan pilihan yang beragam, pihak pengelola Pasar Kenari Mas juga menyediakan area baca nyaman untuk pengunjung. Mulai dari balok kayu yang disusun sedemikian rupa hingga rumput sintesis, traveler dijamin betah membaca lama-lama di sini.

4. Co-working space

 (Randy/detikcom) (Randy/detikcom)

Tak mau ketinggalan dengan perkembangan zaman, pihak pengelola Pasar Kenari Mas juga menghadirkan Co-working space di lantai tiga. Layaknya area kerja profesional, co-working space di Pasar Kenari Mas dilengkapi dengan meja dan bangku yang diatur sedemikian rupa.

Jadi selain membeli dan membaca buku, pengunjung juga bisa sekalian bekerja dengan memanfaatkan co-working space yang ada. Sudah nyaman, gratis pula.

5. Foodcourt

(Randy/detikcom)(Randy/detikcom)

Traveler juga dapat menjumpai area foodcourt di salah satu sisi lantai tiga. Hanya saat dikunjungi detikcom, masih belum tampak vendor makanan yang beroperasi di lokasi.

6. PAUD

 (Randy/detikcom) (Randy/detikcom)

Bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya sejak dini, bisa membawa anaknya ke PAUD yang ada di lantai tiga Pasar Kenari Mas. Hanya ada baiknya traveler bertanya pada pengelola lebih dulu terkait persyaratannya.

7. Ruang laktasi

(Randy/detikcom)(Randy/detikcom) Foto: undefined

Pihak pengelola Pasar Kenari Mas juga memperhatikan para ibu menyusui. Hal itu tampak dari adanya ruang laktasi di lantai tiga. Sambil mengajak anak wisata buku, ibu juga bisa sambil menyusui si buah hati.

8. Minimarket

 (Randy/detikcom) (Randy/detikcom)

Berkunjung ke lantai tiga Pasar Kenari Mas, traveler tak usah taku haus atau kelaparan. Soalnya di lantai yang sama juga dapat ditemui minimarket serba ada yang menjual aneka produk makanan hingga minuman.

Bagaimana? Tempat wisata di Jakarta yang satu ini asyik kan. Cukup lengkap kan fasilitas di lantai tiga Pasar Kenari Mas. Ayo traveler wisata buku di sana!

Simak Video ” Ada Jajanan Pasar di Hotel Berbintang Lima Ini
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fay)

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *